10 Gunung yang Cocok Banget untuk Pendaki Pemula

kegiatan mendaki gunung akhir-akhir ini sangat populer di semua kalangan baik itu orang dewasa, remaja bahkan anak-anak sekalipun banyak yang pernah menginjakan kaki di ketinggian. Indahnya golden sanres, dan menawannya berada diatas awan membuat ketagihan mereka yang pernah merasakannya dam membuat iri bagi mereka yang melihat foto serta cerita yang mereka bagikan.
10 Gunung yang Cocok Banget Pendaki Pemula dengan dengan keindahan yang luarbisa
10 Gunung yang Cocok Banget untuk  Pendaki Pemula


Untuk melihat golden sunres yang elok dan menawannya berdiri diatas awan ini banyak risiko yang  harus di hadapi. Bagi yang sudah berpengalaman sih mudah-mudah saja namun bagi mereka yang baru menapakan diri di dunia pendakian pasti ada rasa takut dan keragu-raguan. Namun jangan kawatir sobat lestari ada kok gunung yang aman dan bagus banget buat pendaki pemula.

Berikut adalah 10 gunung yang cocok dan bersahabat dengan sobat lestari sebagai pendaki pemula :

1. Gunung Nglanggeran (700 mdpl) Gunungkidul DIY.

Gunung ini terletak di kabupaten Gunngkidul, DI Yogyakarta dan merupakan gunung api purba yang menjadi ciri khas dari daerah gungungkidul. Gunung ini cocok banget buat pemula karena dari hanya dibutuhkan waktu sekitar 1 jam pendakian untukmencapai puncak dari gunung yang tingginya hanya 700 mdpl (meter diatas permukaan laut).

Treknya yang landai meski pun ada beberapa trek batu karang namun telah dipermudah dengan disediakannya tali dan pijakan kayu yang membuat aman untuk dilalui. Selain itu dipuncaknya terdapat camping ground yang nyaman banget untuk tidur dibawah langit dengan dihisi taburan bintang dan terangnya bulan, serta ditemani suara alam yang menyejukan jiwa.

2. Gunung Penanggungan (1.623 mdpl) di Mojokerto.

Puncaknya yang tandus dan keindahan yang di tampilkan oleh gunung ini sehingga dijuluki sebagai miniaturnya gunung semeru. Tinggi puncak gunung ini mencapai 1.623 mdpl (meter diatas permukaan laut) dapat ditempuh dengan waktu 4 jam saja, melalui jalur Tamiajeng. Apabila lewat jalur Jolotundo, kita bisa menemukan peninggalan sejarah berupa candi-candi di sepanjang perjalanan.

3. Gunung Papandayan (2.265 mdpl) di Garut Jawa Barat.

Gunung papandayan adalah salah satu gunung berapi di kabupaten Garut, Jawa barat. Gunung ini merupakan gunung yang dipaporitkan oleh banyak pendaki karena keindahan dan ke unikan yang disuguhkannya. Untuk sampai ke puncaknya pun hanya dibutuhkan waktu 4 jam pendakian dengan trek yang agak landi.

Disepanjang perjalanan menuju punck terdapat beberapa kawah yang indah, yaitu Kawah Mas, Kawah Baru, Kawah Nangklak, dan Kawah Manuk.Selain itu terdapat padang edelweis yang luas nan cantiknya luar biasa dinamakan tegal alun, membuat betah berada disana, awas jangan sesekali pertik bunga abadi ini karena dilindungi.

Sebelum sampai puncak kita akan melewti hutan mati yang terbentuk oleh erupsi gunung tersebut. Unik sekaligus mistis namun terlihat sangat indah,  inilah yang membuat gunuung ini banyak di singgahi para pendaki.

4. Gunung Ijen (2.443 mdpl) di Banyuwangi

Dengan pendakian yang hanya memakan waktu 2,5 jam saja lewat jalur pendakian Paltuding kita bisa menginjakan kaki di ketinggian 2.443 mdpl (meter diatas permukaan laut) puncak gunung ijen yang indah nan mempesona, serta dapat melihat warga sekitar yang menambang belerang secara tradisional.

Selain itu kita bisa melihat fenomena api biru (blue fire) Gunung Ijen  yang menak jubkan. Untuk mendaki gunung ini kita haus berhati-hati karena treknya agak curam dan berpasir.

5. Gunung Batur (1.717 mdpl) di Pulau Dewata


Gunung ini memiliki keindahan yang membuat orang ketagihan untuk berkunjung lagi ke sini, karena dari puncak yang tingginya mencapai 1.717 mdpl (meter diatas permukaan laut)  kita bisa menemukan salah satu kaldera terindah di dunia dengan danau batur sebagai pusatnya.

Gunung ini sangat cocok bagi pendaki pemula, karena untuk bisa sampai ke puncaknya hanya dibutuhkan waktu sekitar 2-3 jam saja dengan medan yang tidak terlalu sulit pula.

6. gunung andong (1762 mdpl) di Magelang

Gunung ini sangat cocok sekali bagi para pendaki pemula bro… karena di gunung ini sepanjang treknya sudah sangat jelas dengan di lengkapi papan petunjuk jalan. Serta untuk mencapai puncaknya pun hanya membutuhkan waktu sekitar 2 jam. Aman banget kan sob…??

Dari puncak  gunung andong yang tingginy 1.763 mdpl ini kita bisa melihat gunung sindoro, sumbing, merapi dan merbabu yang mengelilinginya serta golden sunresnya yang sangat mempesona sayang banget untuk di lewatkan sobat lestari. 

7. Gunung Prau (2.565 mdpl)

Gunung Prau merupakan gunung yang memiliki puncak terluas di Indonesia sehingga gunung ini sangat di paporitkan para penggiat alam untuk cam dan menikmati suasana malam dengan di temani bintang-bintang yang berseri. Selain itu golden sunresnya pun sangat di buru oleh banyak orang, sehingga di waktu weekend gunung ini penuh oleh para pendaki dari berbagai darah.

Untuk mencapai puncaknya kita hanya perlu berjalan selama 3 jam dengan melibas medan yang tidak terlalu curam dari base camp Desa Patak Banteng. Pokonya bakalan ketagihan jika kamu melancong ke gunung ini sob.

8.  Gunung Sibayak (2.212 mdpl) di Sumatra Utara

Keanggunan pncak dan kawah dari gunung ini pasti membuat kalian ketagihan untuk mendakinya lagi. Untuk mencapai puncak dari gunung ini terdapat tiga jalur yang biasa di lalui dengan tingkat kesulitan yang berbeda-beda.

Jalur yang paling mudah adalah jalur turis yang bisa ditempuh dalam waktu 1–2 jam, sedangkan jalur menengah dapat ditempuh dalam waktu 3-4 jam yaitu melewati desa Raja Berneh (Semangat Gunung). Dan jalur paling sulit disebut jalur 54 yang cukup menantang.

9. Gunung Gede (2.958 mdpl) di Bogor Jawa barat

Meskipun ketinggiannya yang hampir mencapai 3.000 mdpl namun gunung ini cukup aman bagi kalian yang baru mau menapakan kaki di dunia pendakian, karena untuk mencapai puncak dari gunung ini kamu bisa mengambil jalur yang agak landai dengan waktu tempuh sekitar 6 jam.

Sepanjang perjalanan kita bisa menemukan tempat-tempat menarik seperti air terjun ciberem, sumber air panas, talaga, serta indahnya padang edelweis yang hanya bisa kita temukan di ketinggian. Jangan lupa bawa barang yang diperlukan, karena sebelum star mendaki barang bawaan kalian akan di periksa oleh petugas.

10. Gunung Panderman (2.045) di Kota Batu


Keindahan yang ditawarkan  oleh gunung ini berupa pemandangan yang mempesona berupa hutan dan ke elok kota Batu bisa terlihat dari puncak gunung ini yang tingginya mencapai 2.045 mdpl.

Untuk mencapai puncaknya pun trek yang dilalui tidak terlalu sulit, dan cocok sekali bagi sobat lestari yang masih belajar mendaki dan ingin memnenangkan hatii serta pikiran denan di temani suara alam yang menenangkan jiwa.

Nah itulah gunung yang cocok banget untuk kalian yang baru menapakan kaki di dunia pendakian. Meskipun gunung yang akan kalian daki memiliki resiko yang minim, namun kita perlu mempersiapkannya dengan matang, alangkah baiknya sebelum mndaki mempelajari gunung yang akan kalian singgahi dan temani perjalanan kalian oleh orang yang sudah berpengalaman.

Selamat mendaki sobat……
salam lestari……….

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "10 Gunung yang Cocok Banget untuk Pendaki Pemula "

Posting Komentar