7 Teknik Mendaki Gunung Bagi Pemula yang Wajib Diketahui

7 TEKNIK MENDAKI GUNUNG YANG WAJIB KAMU KETAHUI

Mendaki gunung adalah kegiatan alam bebas yang akhir-akhir ini sangat populer disemua kalangan, yang awalnya kegiatan mendaki gunung ini hanya di lakukan oleh para penggiat pecinta alam yang sudah terlatih sebelumnya.
Tehnik mendaki gunung adalah salah satu hal yang wajib d kuasai oleh seorang pendaki
Teknik Mendaki Gunung


Namun saat ini banyak dari mereka yang hanya bermodalkan rasa ingin tau yang tinggi dan keberaniannya saja tanpa didasari oleh pengetahuan yang menempuni, sehingga menyebabkan kejadian yang sangat memprihatinkan, mulai dari tersesat di gunung sampai kematian yang di sebabkan hipotermia (menurunnya suhu tubuh di bawah normal), jatuh dari jurang, diterkam binatang buas dan masih banyak lagi penyebab lainnya

 
Dikira mendaki gunung itu mudah, padahal tidak semudah yang di bayangkan loh….!! lalu bagai mana agkar mendaki gunung aman dan selamat sampai pulang kembali ke rumah?? ya karna pada dasarnya tujuan mendaki gunung itu untuk kembali lagi ke rumah.

Kunci utama agar mendaki aman dan bisa kembali kerumah minimal kita harus mengerti dan paham teknik-teknik mendaki. Untuk itu saya sarankan untuk kalian membaca tehnik-tehnik mendaki berikut ini:

1. MENGETAHUI MEDAN DAN TREK GUNUNG YANG AKAN DIDAKI

Untuk mendaki gunung kita harus mengetahui medan dan trek gunung yang akan di daki, hal ini penting karena akan berpengaruh pada perbekalan dan peralatan yang harus kita bawa dan persiapkan.

Untuk mengetahui medan dan trek gunung yang akan kita daki kita bisa searching di google, bertanya pada teman atau orang lain yang pernah mendaki pada gunung yang akan kita daki, dan alangkah baiknya dalam satu grup pendakian ada lebih dari satu orang yang pernah mendaki gunung tersebut.

2. FISIK DAN MENTAL

Pada dasarnya fisik adalah modal utama untuk kita mendaki gunung, karena dalam kegiatan mendaki kita berjalan berjam-jam dengan beban yang berat di punggung, maka dianjurkan minimal satu minggu sebelum mendaki harus rutin berolahraga untuk melatih daya tahan tubuh.

Lari di siang hari dapat meningkatkan VO2MAX (kemampuan paru-paru menyerap oksigen) karena kadar oksigen di pegunungan rendah. Latihan beban berat seperti angkat barbel untuk melatih otot untuk menghadapi medan yang berat dan membawa beban perlengkapan yang berat.

3. TEKNIK PACKING

Teknik packing atau pengemasan barang untuk di bawa mendaki, pada perinsip umumnya dengan meletakan barang yang ringan seperti sliping bag dan baju ganti berada di bawah, sementara barang barang yang berat di letakan di atas, dan barang-barang yang dipakai dalam keadaan darurat seperti, obat-obatan, jas hujan dan alat komunikasi disimpan di ransel bagian luar atau tempat yang terjangkau dan mudah untuk di keluarkan.

4. TEKNIK BERTAHAN HIDUP DI ALAM BEBAS

Teknik bertahan hidup di alam bebas mesti kita kuasai, karena bisa saja diperjalanan kita tersesat, kecelakaan dan kehabisan makanan, untuk itu kita harus menguasai teknik bertahan hidup berikut ini:

a. survival yaitu, cara bertahan hidup di alam denga memanfaatkan sesuatu yang tersedia di alam. Banyak sekali makanan yang tersedia di alam baik itu dari sepesies tumbuhan maupun hewan, tetapi tidak semuanya bisa di makan karena banyak dari tumbuhan dan hewan yang mengandung racun yang berbahaya jika di makan.
  • Ciri – ciri tumbuhan yang bisa di makan : tidak bergetah bening, warnanya tidak mencolok apalagi berwarna ungu, apabila terkena kulit tidak gatal, dan biasanya terlihat dari luar tidak berduri dan berbulu.
  • Ciri – ciri hewan yang dapat di makan :hewan yaang tidak memiliki bisa, ular bisa di makan hanya bagian tubuhnya sajah bagian kepalanya harus segera di potong apabila ular telah di bunuh. Ayam hutan, belalang, semut dan masih banyak lagi hewan yang dapat d makan.

b. P3K (pertolongan pertama pada kecelakaan), selama mendaki kita akan berada di hutan yang jauh dari rumah sakit atau puskesmas, sehingga jika terjadi sesuatu, kita dituntut untuk mengambil tindakan pertolongan pertama pada kecelakaan untuk menghindari hal hal yang tidak diinginkan lebih parah lagi.

Dengan peralatan dan obat-obatan seadanya. Obat – obatan yang mesti di bawa diantaranya : obat merah (betadin); alkohol; plester; balsem; dan obat – obatan pribadi tergantung penyakit yang diderita pendaki itu sendiri.

5. TEKNIK NAVIGASI

Navigasi adalah cara yang dilakukan untuk menentukan arah dan tujuan yang efisien, orang yang melakukan navigasi adalah navigator. 

Tehnik dasar navigasi ini sangat penting untuk di kuasai, karena seringkali di hutan kita tersesat dan tidak tau arah. Untuk itu saya sarankan sebelum memulai mendaki kita harus tau posisi awal kita, misal posisi puncak berada di sebelah utara dari titik awal kita akan mendaki, berari saat pulang kita harus berjalan ke arah selatan.

Untuk mengetahui arah mata angin bisa dilihat dari mata hari saat muncul dan terbenam, dari lumut yang menempel di pohon biasanya lumut atau tumbuhan yang menempel berada di sebelah timur, dan masih banyak lagi cara yang bisa di lakukan untukmengetahui arah mata angin, silahkan kalian cari lagi di sumber lain.

6. TEKNIK BERJALAN

Mendaki gunung pada dasarnya adalah olah raga berjalan, dimana medan yang dilalaui sangat jauh berbeda dengan medan yang biasa sehari – hari kita lalui, sehingga dibutuhkan keseimbangan untuk menghindari terjatuh, belum lagi dengan beban yang berat dibutuhkan fokus dan semangat yang sangat ekstra.
     
Medan yang dilalui bermacam – macam, ada medan yang berbatu bulat seperti di sungai, berjalan di medan seperti ini kita harus meloncat dari batu satu ke yang lainnya dengan cepat sebelum batu yang di injak roboh.
      
Selain itu ada medan yang berlumut dan berumput licin, hal ini bisa di hindari dengan memakai sepatu khusus mendaki yang memiliki tumpuan anti selip, hati – hati dengan terpaan angin, jangan kaku, ikuti jalan yang sudah ada.

Ketika turun dari puncak biasanya kondisi badan sudah lemah sementara beban bertumpu di kaki lebih berat, biasanya ini menyebabkan terkelincir dan jika salah berjalan menyebabkan terkilir, untuk mengatasinya kita bisa berjalan dengan posisi miring dengan tubuh doyong ke belakang dengan seperti ini kita bisa mengantisipasi apa bila akan terpeleset.

Usahakan untuk tidak terlalu lama beristirahat, karena dengan berlama – lama beristirahat akan menyebabkan kaku pada kaki, lebih baik berjalan lambat dengan istirahat yang sebentar dari pada berjalan cepat dengan istirahat yang lama.

Ketika beristirahaat kaki harus di posisikan lurus dan bila perlu berada di atas atau di acungkan ini untuk memperlancar aliran darah dari kaki ke tubuh bagian atas agar kaki tidak kaku dan pegal.

7. TEKNIK MEMBUAT TENDA

Membuat tenda yang benar akan mempengaruhi ke amanan dan kenyamanan ketika kita beristirahat dan berteduh. Perinsip pembuatan tenda harus aman dan nyaman dimaksudkan: aman dari binatang buas, terpaan angin dan badai. Nyaman dimaksudkan nyaman untuk di pakai berlindung dari cuaca, dan nyaman untuk beristirahat (tidur).

Untuk itu ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam pembuatan tenda :
1.     Cari tempat datar, dimaksudkan untuk kenyamanan ketika tidur dan menjaga barang yang kita simpan di tenda.
2.     Hindari aliran air.
3.     Sebaiknya mendirikan tenda di tempat yang rimbun pepohonan, supaya tidak langsung tertimpa air hujan ketika hujan turun, dan tidak terlalu panas ketika terik matahari bersinar kuat.
4.     Hidari arah datangnya angin, mendirikan tenda sebisa mungkin harus membelakangi arah datangnya angin, agar angin tidak langsung masuk ke dalam tenda yang dapat menyebabkan tenda amruk dan terbawa angin.
5.     Buat lah parit di sekeliling tenda untuk menghindari air masuk ketika hujan turun.
        Demikian teknik mendaki yang dapat saya paparkan bro… mudah – mudahan bermanfaat.

Awas jangan salah loh “bukan gunung yang harus kita taklukan melainkan diri kita sendiri” dan janangan lupa bawa turun kembali sampahnya dan buang di tempat yang sudah di sediakan di pos pendakian.

SELAMAT MENDAKI KAWAN…..

salam lestari……….



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "7 Teknik Mendaki Gunung Bagi Pemula yang Wajib Diketahui"

Posting Komentar