10 Manfaat Mendaki Gunung yang Akan Kalian Rasakan

Kalian hobi mendaki gunung….?? kenapa hobi mendaki gunung, terus apa sih manfaat dari mendaki gunung??. Pasti pertanyaan-pertanyaan seperti itu banyak kita dengar dari teman bahkan pacar, dan tentunya orang tua kita, yang tentunya haruskita jawab.

Untuk itu saya akan membahas manfaat dari mendaki gunung, agar kalian dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, bahkan bagi kalian yang belum pernah mendaki bisa tertarik untuk mendaki gunung.

berikut adalah manfaat dari mendaki gunung yang akan kalian rasakan
10 Manfaat Mendaki gunung yang Akan Kalian Rasakan
Ternyata hobi mendaki gunung itu bukan hanya sebagi pemuas hobi saja, tetapi bayak manfaat yang bisa kita dapatkan, baik bagi kesehatan, kualitas hidup dan banyak lagi manfaat yang dapat kita rasakan. Berikut saya akan paparkan manfaat dari mendaki gunung, slamat menyimak sobat lestari!!

1. Untuk Kesehatan

Mendaki gunung dapat meningkatkan kerja jantung dan paru-paru, karena mendaki gunung merupakan aktifitas yang membutuhkan tenaga yang besar, sehingga mengoptimalkan kerja jantung dan paru-paru. Dengan meningkatnya kerja jantung dan paru akan mengurangi resiko penyakit seperti :
  • sakit jantung dan struk.
  • kolesterol tinggi.
  • meningkatkan suplai oksigen ke otak dan memperlancar peredaran darah.
  • dan terhindar dari berbagai penyakit lainnya.
Selain itu dengan mendaki gunung kita bisa mengurangi racun dalam tubuh karena udara yang kita hirup di pegunungan terhindar dari racun dan polusi seperti udara di perkotaan.

2. Sebagai penghilang Setres

Mendaki gunung juga dapat menghilangkan setres, karana selama perjalanan kita disuguhkan pemandangan yang sangat indah dan asri yang membuat kita terasa rileks, sehingga dapat melupakan kepenatan atas masalah yang tengah kita hadapi yang membuat setres.

3. Meningkatkan Kreatifitas

Mendaki gunung adalah kegiatan alam bebas, dimana berada di alam bebas hal apa saja bisa terjadi yang sebelumnya belum pernah kita alami. Hal ini menuntut kretifitas kita untuk bisa berbuat sesuatu untuk menghadapi dan mengatasinya.

4. Sebagai Sumber Inspirasi

Dengan pemandangan yang indah ditambah udara yang sejuk, membuat hati serta pikiran kita rilek, dan banyaknya hal baru yang kita alami, ini akan banyak menimbulkan inspirasi dalam pikiran kita, dan tentunya inspirasi fositif, apa lagi bagi kalian yang suka menulis cerita, melukis dan foto grafer ini sangat cocok sekali.

5. Menambah Teman dan relasi

Ketika berada di gunung, semua pendaki akan berbaur tanpa ada batasan satu sama lain, mereka akan menghilangkan bendera jabatan dan setatus sosial yang mereka emban di tempat mereka tinggal dan kerja, semua bersetatuskan pendaki yang membuat keakraban satu sama lain semakin dekat dan akrab. 

Dari obrolan-obrolan santai dan candaan yang membuat akrab, biasanya sampai bertukar no hand pone dan alamat sosial media yang membuat pertemanan mereka berlanjut sampai ke kehidupan sehari-hari.

6. Menambah Mengalaman

Disetiap langkah yang kita pijakan untuk menuju puncak terdapat hal baru yang dapat kita ketahui dan pelajari, dan dari setiap gunung yang kita daki tentunya akan ada hal baru yang kita temukan.

7. Dapat Dijadikan Penghasilan Uang

Nah ini lah manfaat yang sangat di sukai oleh seorang pendaki, mereka bisa menghasilkan uang dengan hobinya. Kenapa mendaki bisa dijadikan penghasilan??? karena mendaki gunung merupakan kegiatan yang memerlukan peralatan yang lengkap, selain itu dengan pengalaman yang kita dapatkan di gunung, dan banyaknya relasi serta inspirasi kita bisa jadikan peluang bisnis yang menjanjikan, misalnya : 
 
  • berjualan peralatan dan perlengkapan mendaki
  • menjadi foto grafer
  • sebagai penulis cerita, baik itu di buku maupun penulis blog yang tentunya menceritakan pengalaman selama mendaki.
  • Menjadi guide (pemandu wisata) pendakian
  • dan masih banyak lagi yang dapat kalian lakukan.
8. Belajar Mandiri

Dalam mendaki gunung kita haya mengandalkan perbekalan, peralatan dan sesuatu yang tersedia di alam untuk bertahan hidup, tidak seperti di rumah, kita makan di persiapkan oleh orang tua atau pembantu yang ada, selama di gunung kita akan masak sendiri tanpa bantuan mereka atau teknologi canggih untuk berbuat sesuatu.

9. Melatih Disiplin

 mendaki gunung merupakan kegiatan yang beresiko tinggi, tentunya kita tidak ingin hal buruk menimpa, hal ini menuntut kita patuh terhadap aturan-aturan yang ada. 
 
10. Belajar Bersyukur dan Intropeksi diri

Selama melakukan pendakian kita melakukan sesuatu dengan serba keterbatasan, yang mengingatkan kita betapa berharganya barang atau sesuatu yang kita miliki di rumah, hal ini lah yang membuat kita sadar dan bersuyukut atas apa yang kita miliki.

Dengan melihat luasnya pemandangan dan indahnya ciptaan yang maha kuasa, kiata akan tersadar bahwa kita itu hanya lah mahluk kecil dan tak ada seseatu hal pun yang pantas untuk disombongkan.

Nah itulah manfaat dari mendaki gunung, jadi mendaki itu bukan hanya hobi yang menghamburkan uang dan mebuang-buang waktu sajakan sob….!! Mudah-mudahan artikel ini dapat bermanfaat bagi kalian semua.

Salam lestari kawan…………!!

Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "10 Manfaat Mendaki Gunung yang Akan Kalian Rasakan"